Minggu
lalu disela kesibukan menyiapkan sebuah acara,
saya menyempatkan diri ke Bintaro untuk
bertemu dengan MD. Seseorang yang ilmunya banyak saya curi dan saya praktekkan
pelan-pelan. Bersama dengan Komunitas
Tangan Di Atas, kami dibuat oleh penasaran oleh sang mastah jualan ini.
Perjalanan bertemu dengan mastah MD
sempat terlambat beberapa menit gegara
om bambang yang mengantar kita berputar-putar sejenak di Tangerang alias
nyasar hehehe.
Acara
ketemuan dengan MD
ngupas masalah copywriting. Tema yang lagi hot sesuai dengan judul bukunya
MD yang masih pre-order namun sudah antre. Padahal nih buku belum kelar juga
ditulis ma MD. Gilaaa banget yaaaa.....belum kelar ditulis yang ngantri dah bejibun.
Sebelum
cerita tentang 3.5 jam ini….penasaran
gak siapa MD?...mastah jualan dengan gayanya yang khas, tidak sekedar bicara,
namun beliau memang mengalaminya, mempelajarinya. MD tidak saja hanya bermental
kaya, MD full dengan kisah lika-liku kehidupan yang menginspirasi, taat dengan
agamanya dan yang pasti kaya akan bisnis. Dan yang bikin semangat, gali ilmu
bersama MD adalah muda, berkacamata, tapi sedikit gendut uppps..*masih 80
kg*..hahahahaha
Yup
MD adalah….Mas Dewa..alias Kang Dewa alias DEP..Dewa Eka Prayoga
Maka
3,5 jam bersama MD menjadi sangat cepat….cepat banget. Bakalan kurang deh kalo sudah dengerin MD ini
berbicara. Magnetnya terlalu kuat, hingga kita pengennya nanya melulu hehe. Begitulah
yang saya alami. Jam 09.40 saya memasuki ruangan kantor TDA dan acara baru saja
mulai. Baru masuk bahasan copywriting, istilah serta definisi atau pengertian
dari istilah ini. Saya memang tertarik
untuk mempelajari ilmu yang satu ini, karena mau tak mau saya
akan bersentuhan dengan kata ini, dunia menjual tak akan lepas dari dunia beriklan baik
offline terlebih online. Ini mempelajari cara nulis iklan? Yaa begitulah
kira-kira. CopyWriting ini adalah sebuah seni mengambil
uang orang lain lewat media yang akan dibaca. Lhoooo..ngambil uang??...iyaaa…bukankan
kita beriklan agar terjadi penjualan#ngaku aja deh
Mengapa
saya harus mempelajari ini?....yaaa harus
Karena
saya tidak ingin, saat orang membaca iklan
yang saya buat, kemudian orang yang membacanya berlalu sambil berkata, siapa
peduli?...atau Apa untungnya buat saya?..Emangnya kenapa?....dan sebagainya.
Atau
ketika kita mengirim pesan-pesan singkat lewat BBM, email, facebook dan
lainnya, yang menerima pesan tidak berkeinginan untuk read malah sebaliknya langsung
delete. #disitu kadang saya merasa sedih.
Nah.. Mas Dewa alias MD menjelaskan anatomi
sebuah copywriting.
Ada
8 bagian yang harus mendapat perhatian yaitu Headline, Penawaran, Alasan,
Bonus, Testimoni, Garansi, CTA ( Call To Action ) dan NB.
Setiap
bagian punya peran penting, namun tidak seluruhnya harus muncul dalam iklan
kita. Mas Dewa juga lalu menjelaskan
tentang jenis-jenis headline. Iklannya Iklan. Slide yang ringkas dan penjelasan
panjang lebar membuat waktu berjalan tanpa terasa. Lanjut dengan isi dari
Headline ternyata isinya bisa aneka rupa. Ada 13 jenis Headline. Dibahas detail
satu persatu. Kita lalu belajar menentukan headline suatu iklan termasuk
golongan yang mana. Jadi mengerti bahwa
ada Headline yang megandung unsure Benefit, News, Selective, Fear dan banyak
lagi.
Intinya
Jangan berisi kebohongan walaupun kita menggunakan kata bombastis alias hiperbola.
Jika kita sendiri tidak yakin dengan kata yang kita tuliskan…ya jangan
digunakan.
Setelah
beres bahas Headline maka Mas Dewa lanjut ngupas tentang Penawaran, lalu bahas
anatomi Alasan. Mengapa konsumen harus
beli produk kita, Apa yang membuat konsumen harus beli dan Mengapa mereka harus
percaya produk kita. Satu lagi kelebihan Mas Dewa dalam menjelaskan adalah
bahasa yang digunakan mudah dicerna, langsung blas..blas..blas…gak pake….ee…ee…ee….entah
dulu nih orang belajar dan makan apa heheh.
Testimoni
merupakan hal penting juga dalam sebuah iklan. Apalagi yang bercerita seorang
ahli atau pakar dibidangnya, waaaah,,,,produk kita bakal langsung meroket dah
penjualannya. Begitu katanya MD.
Mas
Dewa bercerita juga tentang kisah seorang penjual sepatu hujan yang hampir saja
gulung took. Penjualan hancur setelah ditelisik ternyata penjualnya sendiri gak
yakin ma sepatu hujan yang dijualnya. Nah…pesan sang mastah adalah kalo mau
jualan yaa kita mesti yakin dengan apa yang kita jual. AKhirnya setelah penjual
itu dicoaching dan diperbaiki teknik berjualannya, produk sepatu hujan sudah
melanglang dunia, ekspor sana sini.
CTA
atau Call To Action banyak digunakan saat kita beriklan difb. Gimana
caranya??......Baca bukunya aja yaaak…..hahaha
Dari
belajar anatomi Headline, setelah istirahat sejenak, Mas Dewa langsung ngegas
dengan tips and trik penulis copywriting. Ada banyak point yang dijelaskan. Seperti
menngunakan kalimat aktif, Menulis seperti Anda berbicara, Tulis dengan point,
Bold bagian yang penting dan masih banyak lagi. Sudah cukup??.............belum,
beliau kasih bocoran juga tentang teknik menulis. Banyak teknik ternyata, ada tipe story copy, you and me, visual, hiperbolic dan macam-macam lagi, sesuai dengan market kita. Siapa yang ingin kita bidik, bagaimana kesukaannya, lhaaaa gimana caranya supaya tau market kita maunya apa.........................yaaaa dipelajari, dicoba terus. begitu kata MD
Waaaaah…….3,5
jam mendengarkan materi yang isinya daging semua. Tidak terasa sudah jam 1
siang. MD menutup sesinya setelah kita diberikan kesempatan untuk bertanya, lanjut sholat dan makan siang. Banyak penasaran dan
banyak hal yang harus saya coba atau praktekan. Karena ini semua gak bakal
berhasil kalau tidak sering dilatih. Dan gaaak sabar nunggu bukunya MD yang
sudah saya pesan sebulan lalu. Baru Juni nanti itu buku keluar dari
penerbitnya. Saat ini masih diselesaikan oleh MD. Tapi isinya sudah beliau
bagikan. Jadi pingin dengerin beliau berbicara lagi. Asikkkk banget. Beneran
deh, buat teman-teman yang butuh ilmu tentang jualan coba deh baca or belajar
ma Mas Dewa. Saya dibuat tambah penasaran…….buat baca bab-bab selanjutnya. Harus terus berlatih membuat copywriting untuk
produk yang kita punya, atauuuu belajar mengiklankan diri yaaa biar ada yang
selling dan closing nih hahaha. #bedafokus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar