Jumat, 22 Mei 2015

3,5 Jam Bersama MD ( masternya CopyWriting)

Minggu lalu disela kesibukan  menyiapkan sebuah acara, saya  menyempatkan diri ke Bintaro untuk bertemu dengan MD. Seseorang yang ilmunya banyak saya curi dan saya praktekkan pelan-pelan.  Bersama dengan Komunitas Tangan Di Atas, kami dibuat oleh penasaran oleh sang mastah jualan ini. Perjalanan bertemu dengan mastah MD  sempat terlambat beberapa menit gegara  om bambang yang mengantar kita berputar-putar sejenak di Tangerang alias nyasar hehehe.

Acara ketemuan  dengan  MD  ngupas masalah copywriting. Tema yang lagi hot sesuai dengan judul bukunya MD yang masih pre-order namun sudah antre. Padahal nih buku belum kelar juga ditulis ma MD. Gilaaa banget yaaaa.....belum kelar ditulis yang ngantri dah bejibun.

Sebelum cerita  tentang 3.5 jam ini….penasaran gak siapa MD?...mastah jualan dengan gayanya yang khas, tidak sekedar bicara, namun beliau memang mengalaminya, mempelajarinya. MD tidak saja hanya bermental kaya, MD full dengan kisah lika-liku kehidupan yang menginspirasi, taat dengan agamanya dan yang pasti kaya akan bisnis. Dan yang bikin semangat, gali ilmu bersama MD adalah muda, berkacamata, tapi sedikit gendut uppps..*masih 80 kg*..hahahahaha
Yup MD adalah….Mas Dewa..alias Kang Dewa alias DEP..Dewa Eka Prayoga

Maka 3,5 jam bersama MD menjadi sangat cepat….cepat banget.  Bakalan kurang deh kalo sudah dengerin MD ini berbicara. Magnetnya terlalu kuat, hingga kita pengennya nanya melulu hehe. Begitulah yang saya alami. Jam 09.40 saya memasuki ruangan kantor TDA dan acara baru saja mulai. Baru masuk bahasan copywriting, istilah serta definisi atau pengertian dari istilah ini.  Saya memang tertarik untuk  mempelajari  ilmu yang satu ini, karena mau tak mau saya akan bersentuhan dengan kata ini, dunia menjual  tak akan lepas dari dunia beriklan baik offline terlebih online. Ini mempelajari cara nulis iklan? Yaa begitulah kira-kira.   CopyWriting ini adalah sebuah seni mengambil uang orang lain lewat media yang akan dibaca. Lhoooo..ngambil uang??...iyaaa…bukankan kita beriklan agar terjadi penjualan#ngaku aja deh


Mengapa saya harus mempelajari ini?....yaaa harus
Karena  saya tidak ingin, saat orang membaca iklan yang saya buat, kemudian orang yang membacanya berlalu sambil berkata, siapa peduli?...atau Apa untungnya buat saya?..Emangnya kenapa?....dan sebagainya.
Atau ketika kita mengirim pesan-pesan singkat lewat BBM, email, facebook dan lainnya, yang menerima pesan tidak berkeinginan untuk read malah sebaliknya langsung delete. #disitu kadang saya merasa sedih.
 Nah.. Mas Dewa alias MD menjelaskan anatomi sebuah copywriting.
Ada 8 bagian yang harus mendapat perhatian yaitu Headline, Penawaran, Alasan, Bonus, Testimoni, Garansi, CTA ( Call To Action ) dan NB.

Setiap bagian punya peran penting, namun tidak seluruhnya harus muncul dalam iklan kita.  Mas Dewa juga lalu menjelaskan tentang jenis-jenis headline. Iklannya Iklan. Slide yang ringkas dan penjelasan panjang lebar membuat waktu berjalan tanpa terasa. Lanjut dengan isi dari Headline ternyata isinya bisa aneka rupa. Ada 13 jenis Headline. Dibahas detail satu persatu. Kita lalu belajar menentukan headline suatu iklan termasuk golongan yang mana.  Jadi mengerti bahwa ada Headline yang megandung unsure Benefit, News, Selective, Fear dan banyak lagi.
Intinya Jangan berisi kebohongan walaupun kita menggunakan kata bombastis alias hiperbola. Jika kita sendiri tidak yakin dengan kata yang kita tuliskan…ya jangan digunakan.

Setelah beres bahas Headline maka Mas Dewa lanjut ngupas tentang Penawaran, lalu bahas anatomi Alasan.  Mengapa konsumen harus beli produk kita, Apa yang membuat konsumen harus beli dan Mengapa mereka harus percaya produk kita. Satu lagi kelebihan Mas Dewa dalam menjelaskan adalah bahasa yang digunakan mudah dicerna, langsung blas..blas..blas…gak pake….ee…ee…ee….entah dulu nih orang belajar dan makan apa heheh.
Testimoni merupakan hal penting juga dalam sebuah iklan. Apalagi yang bercerita seorang ahli atau pakar dibidangnya, waaaah,,,,produk kita bakal langsung meroket dah penjualannya. Begitu katanya MD.
Mas Dewa bercerita juga tentang kisah seorang penjual sepatu hujan yang hampir saja gulung took. Penjualan hancur setelah ditelisik ternyata penjualnya sendiri gak yakin ma sepatu hujan yang dijualnya. Nah…pesan sang mastah adalah kalo mau jualan yaa kita mesti yakin dengan apa yang kita jual. AKhirnya setelah penjual itu dicoaching dan diperbaiki teknik berjualannya, produk sepatu hujan sudah melanglang dunia, ekspor sana sini.
CTA atau Call To Action banyak digunakan saat kita beriklan difb. Gimana caranya??......Baca bukunya aja yaaak…..hahaha

Dari belajar anatomi Headline, setelah istirahat sejenak, Mas Dewa langsung ngegas dengan tips and trik penulis copywriting.  Ada banyak point yang dijelaskan. Seperti menngunakan kalimat aktif, Menulis seperti Anda berbicara, Tulis dengan point, Bold bagian yang penting dan masih banyak lagi. Sudah cukup??.............belum, beliau kasih bocoran juga tentang teknik menulis. Banyak teknik ternyata, ada tipe story copy, you and me, visual, hiperbolic dan macam-macam lagi, sesuai dengan market kita. Siapa yang ingin kita bidik, bagaimana kesukaannya, lhaaaa gimana caranya supaya tau market kita maunya apa.........................yaaaa dipelajari, dicoba terus. begitu kata MD

Waaaaah…….3,5 jam mendengarkan materi yang isinya daging semua. Tidak terasa sudah jam 1 siang. MD menutup sesinya setelah kita diberikan kesempatan untuk bertanya, lanjut sholat dan makan siang. Banyak penasaran dan banyak hal yang harus saya coba atau praktekan. Karena ini semua gak bakal berhasil kalau tidak sering dilatih. Dan gaaak sabar nunggu bukunya MD yang sudah saya pesan sebulan lalu. Baru Juni nanti itu buku keluar dari penerbitnya. Saat ini masih diselesaikan oleh MD. Tapi isinya sudah beliau bagikan. Jadi pingin dengerin beliau berbicara lagi. Asikkkk banget. Beneran deh, buat teman-teman yang butuh ilmu tentang jualan coba deh baca or belajar ma Mas Dewa. Saya dibuat tambah penasaran…….buat baca bab-bab selanjutnya.  Harus terus berlatih membuat copywriting untuk produk yang kita punya, atauuuu belajar mengiklankan diri yaaa biar ada yang selling dan closing nih hahaha. #bedafokus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar